Wednesday 25 May 2016

MAKALAH KEWIRAUSAHAN Bakso Granat Dzaki

BAB I
PENDAHULUHAN
A.   Latar belakang
           Seorang mahasiswa tidak hanya di tuntut untuk berkompoten di bidng studinya saja, melainkan mahasiwa juga harus memiliki jiwa usah. Hal ini di karnakan lulusan dipolma dan sarjana diharapkan tidak hanya menjadi seorang mencari kerja (job seeker) akan tetapi bahasa menjadi seorang wirausaha atau pencipta lapangan perkerjaan (job cereatr).
Seorang wirausahwan harus pandai da;lam melihat peluang yang ada dalam lingkungan sekitarnya da kemudian mampu memmanfaatkan peluang tersebut dengan cara menciptakan suatu produk yang memiliku palue agar dapat menarik konsumen untuk membeli produk yang di hasilkan
 Di dalam hal ini saya sebagai mahasiswa yang ingin belajar berwirausahaan, saya melihat usaha warung bakso ini banyak yang  menyukai makanan jenis bakso ini sehingga saya berminat untuk membuka warung bakso.dari pengamatan dan penelitian yang saya lakukan usaha ini sangat menjanjikan,dengan strategi yang matang dan lokasi yang stategis saya yakin usaha ini bisa maju dan sukses.




B.     VISI DAN MISI

VISI : saya ingin membuat usaha warung bakso geranat ini bertujuan untuk bermanfaat bagi masyarakat sekitar agar bisa membuat lapang kerja untuk masyarakat-masyarakat yang belum mempunyai perkerjaan.

MISI : saya ingin membuat makan-makana berjenis bakso ini menjadi populer di masyarakat, agar masyarakat bisa menikmati makanan yang lezat dan bergizi seperti makanan yang berjenis bakso ini.  





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Sejarah Usaha Bakso Granat Habib Asallam
Usaha ini berdiri sejak tahun 2015 dan diberi nama , yang didirikan oleh Eko Habib  . Sejak usaha ini didirikan hingga sekarang telah beberapa kali mengalami kemunduran, setelah 3 tahun terakhir usaha yang di dirikan mengalami kemajuan sehingga bisa  bertahan sampai saat ini. Berdirinya usaha ini tidak lepas dari adanya dukungan dari keluarga, khususnya  dari Keluarga, sehingga Eko Habib pun tertarik dalam bidang usaha ini. Selama memajukan usaha bakso granat Habib Asallam ini sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan seperti dari Pemerintahan, BPOM(badan pengawas obat dan makanan). Usaha ini tetap di minati sampai saat ini.
B.     Tujuan Didirikan Usaha
Adapun tujuan didirikannya usaha ini adalah untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan bagi si pemilik untuk kesejateraan keluarga nya, dan untuk meningkatkan tarap hidup untuk dan membuka lapangan kerja untuk masyarakat yang belum ada pekerjaan.
C.    Alasan Utama Dalam Membuka
Adapun alasan yang dimiliki oleh Habib Asallam dalam membuka usaha bakso granat Habib Asallam ini diantaranya  Karena ingin memberdayakan masarakat di  sekitar Kelurahan Tunas Harapan Curup

Jenis Usaha
Dalam usaha ini menjual dengan harga Rp 6000-10000.- perporsinya. Usaha ini menjual bakso granat dan bakso jumbo.
Adapun unggulan makanan ini adalah, semua di lakukan sendiri dan di bantu dengan karyawannya. Dibawah ini merupakan salah satu gambar dari usaha Bakso Granat Habib asallam:
·         Modal Usaha
Modal usaha yang diperlukan dalam mendirikan Bakso Granat Habib Asallam yaitu :
a.       Modal untuk pembelian Pertama Usaha bahan baku 100.000 kini mencapai 2.000.000,-
b.      Modal untuk pembelian peralatan
Peralatan ini terdiri dari :
1)      Kuali
2)      Kompor
3)      Dandang
4)      Tempat Memba Mangkok
5)      Mangkok
6)      Sendok
7)      Garpu, DLL
c.       Bahan-bahan yang Dibutuhkan
Adapun bahan baku yang digunakan diantaranya :
1)      Daging Ayam
2)      Daging Sapi
3)      Sagu
4)      Miehun
5)      Daun Sop
6)      Bawang Goreng
7)      Kecap
8)      Saus
9)      DLL
Dalam Usaha ini ibu Itah bekerja bantu oleh karyawan Sebanyak 8 orang Pegawai. Pembagian tugas menghidangkan bakso 2 orang, mengangkat piring 1orang, 5 orang bertugas untuk mengolah bakso di dapur. Dalam pembagian upah Eko Habib menggaji karyawan nya 60.000/hari patokan upah diberikan oleh Eko Habib kepada setiap karyawannya.
A.    Profit yang Dihasilkan dari usaha
Keuntungan yang diperoleh Eko Habib selama 1 bulan cukup memadai, karena usaha ini menggunakan sistem pemesanan dan dan juga di jual di tempa usahanya.
Dibawah ini merupakan simulasi keuntungan Pendapatan Bersih sampai dengan Rp, 3.600.000 Perharinya
1)      Bakso granat di jual Rp 6000,- x 500biji(sehari produksi) = Rp 3000000
2)      Bakso Jumbo di jual dengan Rp 10.000,- x 60biji(sehari produksi) = Rp 600.000,-
Jadi omset yang di dapat Eko Habib dalam satu hari adalah 3.000.000 + 600.000 = Rp 3.600.000

B.     Pemasaran Bakso Granat Habib Asallam
Pemasaran dari Bakso Granat Habib Asallam ini di sekitaran Curup. Unuk pemesanan bisa memesan langsung di rumah ibu Itah beralamatkan jalan A.K. Tunas Harapan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.
C.    Peralatan Yang Digunakan Dalam Membut Bakso Granat Habib Asallam
Dalam kegiatan produksinya Usaha Bakso Granat Habib Asallam membutuhkan peralatan diantaranya:
1)      Daging Ayam
2)      Daging Sapi
3)      Sagu
4)      Miehun
5)      Daun Sop
6)      Bawang Goreng
7)      Kecap
8)      Saus
9)      DLL
D.    Peluang Usaha
Kalau menurut saya peluang usaha pada Bakso Granat Habib Asallam akan lebih maju karena mempunyai ciri khas tersendiri serta rasanya enak dan beda dari yang lain hingga bisa bersaing dengan jenis makanan yang lainnya. Dalam melakukan pemesanan dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke tempat penjualan Bakso Granat Habib Asallam.
E.     Persaingan Usaha
Dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, pemilik Usaha Eko Habib ini tidak takut bersaing karena pemilik yakin Bakso Granat yang diproduksinya mempunyai rasa yang khas dibandingkan dengan lainnya dan tidak menggunakan bahan-bahan pengawet.
F.     Lokasi Usaha
Kalau menurut saya lokasi usaha yang didirikan oleh Eko Habib sangat ini strategis karena di depan jalan raya jalan lintas Curup-Lebong dab di dekat tempat usaha dekat dengan perkantoran, sekolah, puskesmas, dan unipersitas STAIN Curup. Akses menuju kesana sangat lah mudah sehingga tempat usaha mudah di lihat orang yang melintas daerah tersebut. Kelebihannya Eko Habib ini memiliki outlet penjualan sendiri kawasan Rejang Lebong.



BAB III
KESIMPULAN
Usaha ini berdiri sejak tahun 2007  dan diberi nama , yang didirikan oleh seorang mahasiswa yang bernama Eko Habib . Sejak usaha ini didirikan hingga sekarang telah beberapa kali mengalami kemunduran, setelah 3 tahun terakhir usaha yang di dirikan mengalami kemajuan sehingga bisa  bertahan sampai saat ini. Berdirinya usaha ini tidak lepas dari adanya dukungan dari keluarga.
Dalam usaha ini menjual dengan harga Rp 6000-10000.- mangkoknya. Usaha ini menjual bakso granat dan bakso jumbo. omset yang di dapat Eko Habib dalam satu hari adalah Rp 3.600.000.
Dalam Usaha ini Eko Habib bekerja bantu oleh karyawan Sebanyak 8 orang Pegawai. Pembagian tugas menghidangkan bakso 2 orang, mengangkat piring 1orang, 5 orang bertugas untuk mengolah bakso di dapur. Dalam pembagian upah Eko Habib menggaji karyawan nya 60.000/hari patokan upah diberikan oleh Eko Habib kepada setiap karyawannya.
Peluang usaha menurut saya mempunyai ciri khas tersendiri serta rasanya enak dan beda dari yang lain hingga bisa bersaing dengan jenis makanan yang lainnya. Dalam melakukan pemesanan dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke tempat penjualan Bakso Granat Habib Asallam.
























                                                                                                 

No comments:

Post a Comment